==IKLAN RESPONSIF==

4 Kebiasaan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
4 Kebiasaan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak
Apabila semakin hari Anda merasa kecerdasan dan kreativitas otak semakin menurun, maka ada indikasi bahwa selama ini kegiatan yang Anda lakukan telah merusak kemampuan otak.

Kerusakan otak yang terjadi di sini ialah hilangnya sel-sel yang berubah secara halus dan tanpa disadari berangsur akan tidak lagi berfungsi.

Kemampuan otak dalam hal ini meliputi kemampuan kognitif, memori, kemampuan belajar, dan kreativitas yang Anda miliki.

Untuk itu, supaya otak tidak mengalami kerusakan lebih parah, maka hindari diri Anda dari kebiasaan-kebiasaan yang dapat menurunkan kemampuan kerja otak berikut ini:

Simak juga: Sering Memakai High Heels Memicu Risiko Kerusakan Saraf Lebih Tinggi


1. Bekerja Saat Sedang Sakit

Tahukah Anda kalau otak Anda bekerja lebih keras saat Anda sedang sakit? Ketika seseorang sedang sakit, maka dokter akan menganjurkan orang tersebut untuk banyak istirahat.

Oleh sebab itu, hindari terus bekerja padahal Anda sedang sakit. Otak bekerja lebih keras ketika seseorang sedang menderita sakit. Ia harus terus siaga jika ada sinyal infeksi yang dikirimkan oleh bagian tubuh lain.

Sinyal yang diterima oleh otak akan diteruskan ke bagian kelenjar getah bening untuk melawan infeksi yang terjadi. Begitu pula yang terjadi terhadap jenis penyakit lainnya.

Jangan buat otak Anda semakin lelah dengan membiarkan diri Anda terus bekerja, karena bekerja sangat memerlukan kerja otak yang maksimal sehingga ketika otak Anda terus di pacu sedemikian rupa, maka kinerjanya akan kian melemah.


2. Melewatkan Sarapan di Pagi hari

Banyak orang melewatkan waktu sarapan pagi dikarenakan terlalu buru-buru saat pagi hari. Hal ini sebenarnya berbahaya untuk kesehatan otak Anda.

Untuk itu, bila Anda tak sempat sarapan pagi maka tetaplah ingat untuk mengisi perut dengan makanan ringan yang bernutrisi saat tiba di kantor atau sekolah.

Otak akan dipaksa untuk bekerja tanpa gizi yang cukup ketika Anda tidak sarapan di pagi hari. Jika terjadi secara terus menerus maka lambat laun dapat berakibat fatal untuk kesehatan otak Anda. Daya kerja otak akan menurun, Anda bisa cepat pikun dan kehilangan kecerdasan.


3. Kebutuhan Cairan Kurang Terpenuhi

Otak sebagian besarnya berisi air. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh akan menarik air yang ada di otak.

Bila Anda tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda setiap hari akibatnya ialah air dalam otak akan disedot oleh tubuh sehingga otak Anda mengalami ‘kekeringan’.

Kinerja otak akan melemah saat Anda dehidrasi. Bila hal ini sering terjadi maka daya kerja otak Anda semakin lama akan makin berkurang.

Oleh sebab itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda setiap hari agar otak Anda juga tetap terjaga kesehatannya.


4. Merokok

Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa merokok adalah kebiasaan yang sangat merugikan, namun justru banyak dari mereka yang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini.

Seperti yang diungkapkan oleh sebuah penelitian di McGill University, merokok sangat berbahaya untuk kesehatan otak Anda.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kebiasaan merokok mengakibatkan penipisan korteks yang terjadi dari waktu ke waktu.

Hal tersebut mengakibatkan kerusakan pada memori otak serta terganggunya kemampuan bahasa yang akan terjadi dalam jangka panjang.


Itulah sejumlah kebiasaan yang berbahaya untuk kesehatan otak Anda, mungkin sadar atau tidak sadar sering kita lakukan dalam keseharian.

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda lebih tahu bagaimana cara untuk menghindari kerusakan pada otak Anda.

Sumber:
http://lovintopost.blogspot.co.id/2015/08/kebiasaan-ini-merusak-otak.html

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "4 Kebiasaan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak"