==IKLAN RESPONSIF==

Tips Sederhana Merawat Kesehatan Gigi Anak Anda


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Tips Sederhana Merawat Kesehatan Gigi Anak Anda
Menjaga kesehatan gigi anak kita sejak dini adalah salah satu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Walau nampaknya hal yang wajar bila seorang anak memiliki gigi gupis, namun bila dibiarkan terlalu lama hal itu juga tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut anak dalam jangka panjang.

Selain itu juga banyak dampak negatif yang akan anak kita alami ketika dewasa nanti, misalnya saja ialah bentuk mulut dan tatanan gigi yang kurang rapi, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, pencegahan terhadap risiko kerusakan pada gigi anak kita perlu dilakukan agar kesehatan gigi dan mulutnya dapat tetap terjaga serta memberikan manfaat yang baik untuk anak-anak kita ketika nanti dewasa.

Baca juga: 7 Makanan Penting Sebagai Vitamin Untuk Mencerdaskan Otak Bayi

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips yang bisa para orangtua lakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak Anda.


1. Ajak Anak Kita Menggosok Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Salah satu perawatan penting yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut ialah dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari. Langkah ini merupakan pelajaran penting yang harus anak ketahui.

Berikan contoh kepada anak Anda, dan ajak ia untuk ikut bersama Anda menggosok gigi 2 kali sehari agar dia lama-lama terbiasa melakukannya sendiri tanpa harus Anda mengajaknya terus. Biasakan anak di setiap pagi dan malam hari untuk menggosok giginya.


2. Sikat Gigi Anak Berbeda dengan Sikat Gigi Orang Dewasa

Jangan sembarangan memilih sikat gigi untuk anak Anda, sebab sikat gigi mereka tentunya berbeda dengan sikat gigi orang dewasa. Sikat gigi yang tepat untuk anak Anda sikat gigi dengan ujung bulat dan bulu yang lembut.

Sikat gigi semacam ini akan dapat menghilangkan plak dan partikel makanan dari gigi tanpa merusak enamel atau melukai gusi anak Anda.

Ukurannya pun harus yang sesuai dengan ukuran anak, dan setiap 3 bulan sekali pastikan Anda mengganti sikat giginya.


3. Memakai Pasta Gigi Fluoride

Pasta gigi fluoride mesti dipakai segera setelah munculnya gigi susu (biasanya sekitar 6 bulan) pada anak. Pasta gigi fluoride akan mencegah dan mengendalikan kerusakan gigi.

Bagi anak di bawah usia 3 tahun, pakai pasta gigi fluoride dengan kandungan 1000 ppm fluoride, sedangkan untuk anak usia 3 hingga 6 tahun, gunakan pasta gigi dengan kandungan 1350-1500 ppm.

Tetapi, Anda harus memastikan bahwa anak-anak tidak menjilat atau jangan sampai pasta gigi tertelan oleh anak.


4. Perhatikan Teknik Menyikat Gigi yang Tepat

Memastikan anak Anda menyikat giginya dengan teknik yang benar merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Dengan mengetahui teknik menyikat gigi yang benar, akan membantu dalam mengembangkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik sejak tahap awal.

Tapi, jangan terlalu rumit juga menjelaskan tentang cara menyikat gigi yang benar. Cobalah melakukan langkah-langkah sederhana dalam menjelaskan cara memegang sikat gigi dan gerakan menyikat yang tepat.


Demikian tips dari kami, penting untuk kita ingat bersama bahwa menjaga kesehatan anak adalah tanggung jawab kita sebagai orangtua.

Sumber:
http://www.duniaberbicara.com/tips-bunda/kesehatan-gigi.html

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "Tips Sederhana Merawat Kesehatan Gigi Anak Anda"