==IKLAN RESPONSIF==

Penggunaan AC Terlalu Sering Dapat Berakibat Buruk Bagi Kesehatan


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Penggunaan AC Terlalu Sering Dapat Berakibat Buruk Bagi Kesehatan
Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang saat siang hari cuaca bisa begitu panas dan membuat kita tidak nyaman.

Bagi sebagian orang, keberadaan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) menjadi hal yang sangat penting untuk digunakan setiap saat dan di mana pun tempat berada, seperti di rumah, kantor, atau tempat-tempat umum lainnya.

Bahkan, ada cerita lucu tentang teman saya yang ketika panas matahari sedang terik-teriknya, ia langsung mencari ATM terdekat hanya sekedar untuk “ngadem” (di dalam ATM kan ada AC-nya, jadi hawanya sangat sejuk)... Hehe.

Baca juga: Rahasia Dibalik Menghisap Darah Pada Jari Yang Terluka

Namun, perlu juga Anda ketahui bahwa penggunaan AC yang dilakukan secara berlebihan dan berlangsung lama, sebenarnya bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Nah, berikut ini kami akan berbagi mengenai dampak negatif apa saja yang mungkin timbul dari penggunaan AC secara berlebihan dan terus-menerus.


1. Mengakibatkan Kulit Kering

Berada di ruangan ber-AC dalam waktu berjam-jam akan mengakibatkan kulit kehilangan kelembabannya, sehingga kulit kita menjadi kering.

Untuk itu, sebaiknya gunakan lotion untuk membantu dalam menjaga kelembaban kulit kita saat berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama.

Sebab, kelembaban kulit yang tidak terjaga juga menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya berbagai penyakit kulit seperti eksim dan lainnya.

Selain itu, terlalu sering berada di ruangan ber-AC juga dapat mengakibatkan mata kering sehingga bisa terjadi iritasi.


2. Mudah Lelah dan Mudah Terserang Penyakit

Dampak dari terlalu sering berada dalam ruangan ber-AC lainnya adalah Anda menjadi mudah lelah dan mengalami sakit kepala.

Seperti kita ketahui, ruangan ber-AC biasanya sangat minim ventilasi udara, jadi ketika ada satu orang yang sakit (terutama sakit flu) dalam satu kantor atau ruangan, maka akan cepat menyebar ke orang lainnya.

Terkena udara dingin secara terus-menerus juga akan menyebabkan iritasi membran mukosa dan kesulitan bernapas, sehingga membuat kita rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, dan penyakit lainnya.


3. Penyakit Yang Diderita Menjadi Sulit Sembuh

Anda yang sehari-hari bekerja di ruangan ber-AC pasti pernah merasa ketika Anda pilek atau terkena flu butuh waktu lama untuk bisa sembuh dari penyakit tersebut.

Hal ini dikarenakan keberadaan pendingin udara dengan sistem sentral seperti AC sebenarnya membuat daya tahan tubuh seseorang jadi melemah, bahkan bisa saja penyakit yang tengah dideritanya menjadi kian parah.

Udara dingin memberikan efek tubuh lebih sulit dalam “merasakan sakit” sehingga bagi mereka yang tengah diderita sakit, kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri menjadi kian berkurang.

Selain itu, terlalu sering menggunakan AC juga disinyalir menjadi penyebab meningkatkan gejala tekanan darah rendah, rematik, dan penyakit neuritis pada tubuh manusia.


4. Timbulnya Masalah Pernapasan

Para peniliti telah melakukan studi yang menemukan delapan jenis kuman yang banyak hidup pada ruangan ber-AC.

Kuman penyakit ini sebagian besar adalah jenis kuman yang dapat menyebabkan berbagai masalah pernapasan, seperti legionnaire, batuk, demam, pneumonia, bahkan penyakit paru-paru.


5. Kemampuan Tubuh untuk Menghadapi Udara Panas Kian Berkurang

Terlalu sering berada di ruangan ber-AC yang dingin akan membuat tubuh cenderung sulit dalam mentolerir suhu yang panas.

Hal ini dapat menyebabkan stres dalam rangsangan tubuh ketika berpindah dari lingkungan ruangan yang dingin ke luar ruangan yang agak panas.

Efek jangka panjangnya adalah tubuh Anda akan mudah mengeluarkan keringat berlebih dan mengakibatkan tubuh mudah mengalami dehidrasi.

Sumber:
http://tipsperawatancantik.com/5-dampak-buruk-ac-bagi-kesehatan-tubuh/

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "Penggunaan AC Terlalu Sering Dapat Berakibat Buruk Bagi Kesehatan"