==IKLAN RESPONSIF==

Diet Rendah Kalori Lebih Efektif Dalam Menurunkan Kadar Kolesterol


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Diet Rendah Kalori Lebih Efektif Dalam Menurunkan Kadar Kolesterol
Kebanyakan orang yang sedang menjalani program penurunan kadar kolesterol biasanya akan diminta untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan berlemak.

Namun, diungkapkan oleh hasil dari sebuah penelitian, bahwa strategi yang lebih efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah adalah dengan mengurangi asupan kalori, cara ini dinilai lebih efektif seperti kesimpulan yang dilaporkan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Seperti kita ketahui, tingginya kadar Kolesterol dalam darah merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Kurang Olahraga Bukanlah Penyebab Utama Kegemukan

Sebab, hal ini merupakan salah satu faktor risiko yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat mengakibatkan Penyakit Jantung Koroner, dan juga penyumbatan pada pembuluh darah otak yang merupakan pemicu serangan stroke.

Penyelidikan yang dilakukan terhadap peran kalori dan lemak dalam pembentukan kolesterol dilakukan pada 11 pria yang bisa dikatakan tidak gemuk, namun mempunyai kadar kolesterol tinggi.

Dan keluarga dari 11 pria tersebut ternyata mempunyai riwayat penyakit jantung. Selanjutnya, para pria tersebut diminta untuk melakukan beberapa jenis program diet yang berbeda disesuaikan dengan tingkat karbohidrat dan lemaknya selama 1 bulan.

Dari hasil penelitian tersebut, pria dengan konsumsi diet rendah kalori berhasil menurunkan berat badannya, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik dalam tubuh yang dapat melarutkan kolesterol jahat).

Selain itu, pria tersebut mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat yang merusak tubuh), serta mampu menurunkan subtansi lemak darah yang berkaitan dengan gangguan jantung.

Ketika pria tersebut menjalani diet rendah lemak, kadar kandungan (yang dikenal sebagai) triacylglycerols jadi meningkat, hal ini adalah pertanda kurang baik.

Sedangkan pria yang menjalani diet lemak dan rendah kalori, berat badan serta kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami penurunan semuanya.

Menurut Dr. Peter J. H. Jones, pimpinan penelitian tersebut, data yang dihasilkan mengindikasikan bahwa penentu penting dalam mengalirkan konsentrasi kolesterol terletak pada pembatasan asupan kalori ke dalam tubuh.

Dari hasil tersebut, diperlihatkan pula bahwa pengurangan lemak dan kalori pada diet telah sukses memperbaiki konsentrasi lipid, namun pengurangan kalori pada diet saja sebenarnya sudah cukup untuk memperkecil risiko penyakit kardiovaskuler.

Sumber:
http://health.liputan6.com/read/2288576/strategi-efektif-pangkas-kolesterol

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "Diet Rendah Kalori Lebih Efektif Dalam Menurunkan Kadar Kolesterol"