==IKLAN RESPONSIF==

Dampak Negatif Yang Ditimbulkan Karena Sering Begadang


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Dampak Negatif Yang Ditimbulkan Karena Sering Begadang
Ada sebagian orang yang memang aktivitas hidupnya lebih banyak di malam hari.

Tentunya dengan berbagai sebab, ada yang karena tuntutan profesi atau beberapa pekerjaan yang belum rampung sehingga harus dilembur, bahkan ada juga yang hanya ingin menikmati akses internet yang lebih cepat karena di malam hari tidak sepadat pada siang hari.

Namun, kesehatan tubuh sebenarnya dapat terganggu akibat pola tidur yang tidak teratur.

Tubuh manusia memerlukan waktu istirahat selama 7 sampai 8 jam agar tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: 4 Kebiasaan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Otak

Itulah sebabnya mengapa tidur terlalu larut akan membuat tubuh sangat kelelahan sehingga mudah terserang penyakit.

Berikut ini kami akan mengulas beberapa dampak negatif yang ditimbulkan akibat terlalu sering begadang.


1. Menurunnya Daya Konsentrasi Dan Menjadi Pelupa

Kualitas tidur yang baik akan sangat menunjang kemampuan otak kita dalam bekerja. Sehingga kurangnya waktu tidur atau terlalu sering begadang biasanya akan mempengaruhi banyak hal kaitannya dalam kinerja otak kita seperti menurunnya kewaspadaan, daya konsentrasi menjadi berkurang, yang dampaknya tentu saja pada kemampuan otak kita dalam penalaran serta pemecahan masalah.

Selain itu, siklus tidur yang baik pada malam hari akan sangat berperan dalam penguatan memori dalam otak kita.

Bila Anda kurang tidur, kemampuan Anda dalam mengingat pun juga akan makin berkurang, sehingga membuat Anda menjadi orang yang pelupa. Untuk itu, bila Anda tidak ingin cepat “pikun”, maka perbaiki kualitas tidur Anda.

Menurut peneliti dari Amerika dan Perancis, peristiwa otak yang disebut sebagai “sharp wave ripples” memiliki peran penting dalam menguatkan memori pada otak.

Sharp wave ripples akan mengirimkan informasi informasi ke neokorteks dari hipokampus di otak kita dan lebih sering terjadi pada waktu kita tidur.


2. Timbulnya Beberapa Masalah Kesehatan

Sering begadang akan membawa Anda pada risiko terkena beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.

Sama halnya dengan para penderita insomnia, gangguan tidur semacam ini juga akan menimbulkan risiko terkena beberapa masalah kesehatan serupa.


3. Menurunnya Gairah Seksual

Dilaporkan oleh para ahli, bahwa kebiasaan kurangnya waktu tidur pada pria maupun wanita akan menurunkan libido atau dorongan dalam melakukan hubungan seksual.

Hal tersebut bisa disebabkan karena terkurasnya energi tubuh, sehingga tubuh merasa kelelahan, dan juga karena ada peningkatan pada tensi darah.


4. Memicu Depresi Dan Stres

Peneliti dari Universitas Pennsylvania menemukan bahwa orang-orang yang waktu tidurnya kurang dari 5 jam per hari, dalam satu minggu mengalami stres, dan kelelahan mental.

Di samping itu, orang yang terlalu sering begadang akan lebih mudah terkena depresi. Dalam sebuah penelitian juga mengungkap bahwa gejala awal depresi sering ditandai dengan insomnia yang dialami oleh penderita.


5. Terganggunya Kesehatan Kulit

Setelah beberapa malam kurang tidur, sebagian besar orang akan mengalami kulit pucat dan mata bengkak.

Sama halnya dengan orang yang terlalu sering begadang, beberapa penyakit seperti kulit yang kusam, garis-garis halus pada wajah dan timbulnya kantung mata.

Orang yang sering begadang atau waktu tidurnya kurang akan melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol.

Hormon kortisol yang berlebihan ini akan memecah kolagen kulit, sehingga kulit menjadi cepat keriput dan pucat.

Kurangnya waktu tidur juga akan membuat tubuh kita lebih sedikit dalam mengeluarkan hormon pertumbuhan saat masih muda.

Hormon pertumbuhan tersebut berperan penting dalam pembentukan massa otot, memperkuat tulang, dan menebalkan kulit. Hormon pertumbuhan ini biasanya akan dilepaskan oleh tubuh saat kita tertidur nyenyak.


6. Meningkatkan Risiko Kematian

Peneliti Inggris dalam penelitian Whitehall ke-2 yang dilakukan menemukan bagaimana kebiasaan begadang dapat mempengaruhi angka kematian lebih dari 10 ribu pegawai sipil Inggris selama 2 dekade terakhir.

Penelitian yang dipublikasikan pada 2007 tersebut menyebutkan mereka yang waktu tidurnya kurang dari 5 jam sehari akan meningkatkan risiko kematian pada diri mereka.

Dari mulai timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti Diabetes Mellitus, penyakit jantung, dan stroke.

Hingga risiko kematian yang ditimbulkan dari akibat kelalaian karena mengantuk saat mengemudi, atau kurang konsentrasi saat bekerja.

Sumber:
http://kesehatan96.blogspot.com/2013/04/penyakit-akibat-sering-begadang.html#ixzz3d0KqFVXb

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "Dampak Negatif Yang Ditimbulkan Karena Sering Begadang"