==IKLAN RESPONSIF==

Cara Pintar Mengurangi Nafsu Makan Tanpa Disadari


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Cara Pintar Mengurangi Nafsu Makan Tanpa Disadari
Membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh merupakan salah satu upaya menurunkan berat badan.

Namun, tentu akan sangat menyebalkan bila setiap kali makan Anda harus menghitung jumlah kalorinya.

Begitu juga ketika Anda harus menghindari makanan-makanan tertentu, seperti gorengan, burger, atau kentang goreng, pastinya Anda akan melakukan hal itu dengan berat hati.

Simak juga: Minum Teh Tubruk Tanpa Gula Ternyata Lebih Berkhasiat

Bill Phillips, Editor in Chief of Men’s Health menjelaskan bahwa terdapat 7 teknik yang dapat Anda lakukan guna mengembalikan perut rata dan kesehatan badan Anda.


1. Makan Camilan Sebelum Waktu Makan

Setengah jam sebelum waktu makan, Anda bisa coba konsumsi 200 kalori lebih dulu dengan memakan camilan yang sedikitnya memiliki kandungan 15 gram protein.

Dengan adanya protein yang mengenyangkan mengisi perut Anda, maka dapat menurunkan hormon rasa lapar. Sehingga ketika waktu makan tiba, Anda akan mengasup kalori lebih sedikit.

Makanan ringan dengan kandungan protein tinggi yang dapat Anda jadikan pilihan misalnya susu atau apel dengan irisan keju. Dua camilan tersebut, di samping kaya serat juga mengandung lemak.


2. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Ketika Anda makan, bayangkan layaknya pengukur tangki bensin kendaraan yang mendeteksi isi makan dalam perut Anda.

Ketika Anda lapar, maka tangki perut Anda menunjuk pada E atau Empty, dan ketika Anda telah merasa kenyang, maka tangki perut Anda menunjuk pada F yang berarti Full.

Tujuan dari analogi ini adalah agar menjaga setengah atau tiga perempat isi perut Anda. Jadi, biasakan untuk makan sebelum perut terlalu kosong dan berhentilah makan saat Anda merasa cukup atau telah puas, sebelum perut Anda membesar dan Anda merasa kekenyangan.

Seperti yang Rasulullah SAW sering katakan, “makanlah selagi lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.”


3. Kunyah Makanan Sampai Halus

Mungkin Anda pernah mendengar saran seperti ini sebelumnya, kunyahlah sebanyak 40 kali setiap makanan yang masuk ke dalam mulutmu.

Faktanya, memang terdapat fakta ilmiah di balik Sunnah Rasul tersebut. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria yang mengunyah lebih banyak dalam setiap suapan makanannya, cenderung 12 % makan lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengunyah lebih sedikit dan terlalu cepat menelan makanannya.

Diyakini oleh para peneliti, sebelum menelan makanan, maka kunyahlah makanan lebih lama agar membantu dalam mempercepat pelepasan hormon dalam usus yang berkaitan dengan rasa kenyang.


4. Meniru Gaya Makan Kritikus Restoran

Anda mungkin pernah nonton acara kuliner yang ada jargon “MAKNYUS” nya bukan? Nah, Anda bisa mencontoh gaya si kritikus restoran tersebut saat menikmati makanan.

Lihat saja, para kritikus tersebut di TV ketika menikmati makanan, paling hanya 1 sampai 2 suap saja, setelah itu mencoba menu lainnya.

Luangkan waktu saat makan untuk menghayati bagaimana tekstur, aroma, dan rasa dari makanan yang Anda konsumsi.

Pikirkan pula mengenai asal dan sumber dari makanan tersebut. Kemudian katakan pada diri sendiri atau teman makan Anda, “Daging ini rasanya sangat maknyus, empuk dan bumbunya meresap sempurna”.

Ungkapan seperti ini mampu menciptakan memori makanan yang lebih jelas, dan akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan di Inggris. Makan dengan kesadaran penuh akan membuat lambat Anda dalam menyuap makanan ke dalam mulut.


5. Tuliskan Rencana Belanja Bahan Makanan Anda

Diungkapkan oleh sebuah studi di JAMA Internal Medicine, bahwa belanja ketika lapar biasanya akan membuat Anda mengisi keranjang belanja dengan beragam makanan yang tinggi kalori.

Saat terbaik untuk berbelanja bahan makanan ialah sesudah sarapan di akhir pekan. Bila waktunya tidak tepat, sebelum pergi menikmati akhir pekan Anda, maka dahulukan berbelanja.

Di samping itu, ditunjukkan pula bahwa belanja bahan makanan dengan daftar yang telah disiapkan dari rumah sebelumnya akan mengurangi kemungkinan Anda tergoda untuk membeli makanan tinggi kalori.


6. Beli Piring Berukuran Kecil Atau Bermotif

Salah satu cara jitu untuk mengurangi makan adalah mengakalinya dengan memilih peralatan makan atau piring dengan ukuran lebih kecil atau piring bermotif. Porsi kecil akan terlihat besar ketika Anda memakai piring model ini.


7. Jangan Terjebak Dengan Porsi Sangat Besar

Seringkali, restoran menyajikan menu dengan porsi berlebihan. Contohnya, hamburger yang semestinya cuma berukuran 2,5 ons di restoran umumnya, disajikan dalam ukuran 5,3 ons. Hindari menghabiskan makanan dengan porsi berlebih seorang diri.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/08/06/073100523/7.Trik.Mengurangi.Makan.Tanpa.Menyadarinya

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "Cara Pintar Mengurangi Nafsu Makan Tanpa Disadari"