==IKLAN RESPONSIF==

7 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
7 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Dalam tubuh manusia, organ jantung memiliki peran dan fungsi yang sangat penting.

Kerja utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh kita, jika jantung Anda bermasalah tentu saja akan sangat berpengaruh pada kesehatan.

Bahkan, kebanyakan orang yang mengalami masalah pada organ jantungnya bisa berakibat pada kematian.

Jangan Anda menganggap ringan masalah penyakit jantung ini, bila Anda sudah mengalami gejala awal dari penyakit tersebut, maka penyakit ini sudah sangat sulit untuk disembuhkan.

Baca juga: 15 Tanda Umum yang Mengindikasikan Seseorang Terinfeksi HIV

Para ahli pun sekarang ini masih sering kesulitan untuk memprediksi kapan penyakit jantung seseorang bisa kambuh, dan biasanya ketika mengalami serangan jantung, si penderita harus cepat mendapatkan penanganan dari dokter, kalau tidak akan mengancam nyawa si penderita.

Pada posting kali ini kami akan berbagi tentang beberapa cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung.

Tentunya, cara-cara berikut ini akan dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung, terutama bagi Anda yang memang terdapat riwayat penyakit jantung dalam keluarga, maka pencegahan harus segera dilakukan sedini mungkin.



1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencukupi kebutuhan konsumsi air putih bagi tubuh merupakan cara mudah yang dapat kita lakukan dalam pencegahan terhadap serangan penyakit jantung.

Seperti kita ketahui, tubuh sangat memerlukan cairan yang cukup agar metabolismenya tetap terjaga dengan baik.

Minum air putih yang sesuai anjuran kesehatan adalah sebanyak 8 gelas perhari. Di samping dapat mencegah penyakit jantung, tercukupinya kebutuhan cairan tubuh juga akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit-penyakit lainnya.


2. Menjaga Kebugaran Tubuh Dengan Berolahraga

Berolahraga akan menjaga tubuh kita tetap bugar dan sehat. Tubuh yang bugar akan membuat jantung Anda tetap sehat yang pastinya dapat menurunkan risiko Anda terserang penyakit jantung.

Cukup lakukan olahraga sederhana seperti jogging selama 30 menit atau jalan kaki selama 60 menit setiap harinya. Asalkan dilakukan secara rutin, tubuh Anda pun akan selalu terjaga kebugaran dan kesehatannya.


3. Menjaga Berat Badan Yang Ideal

Penyakit jantung bisa disebabkan pula karena obesitas atau kelebihan berat badan. Orang yang berat tubuhnya di atas berat badan yang ideal, maka lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Sebab, timbunan lemak yang berlebih akan menumpuk dalam pembuluh darah dan menghambat kelancaran peredaran aliran darah kita sehingga membuat kerja jantung kita menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, menjaga berat badan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pola makan yang tidak sehat, selain meningkatkan risiko terhadap serangan penyakit jantung, juga dapat menjadi penyebab dari berbagai penyakit degeneratif lainnya.


4. Hindari Makanan Berlemak

Seperti yang telah di sampaikan pada poin ketiga di atas, bahwa menjaga berat badan tubuh yang selalu ideal merupakan hal yang penting untuk dilakukan bila ingin mencegah tubuh kita terkena penyakit jantung. Salah satu caranya yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak lemak.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan yang digoreng maupun dibakar akan meningkatkan risiko kita terkena penyakit jantung.

Selain itu, makanan berlemak juga dapat menyumbat aliran darah menjadi tidak lancar dan meningkatkan risiko terkena penyakit hipertensi dan stroke.


5. Berhenti Merokok

Seperti kita ketahui bahwa dalam asap rokok terdapat berbagai zat berbahaya yang dapat mengancam kesehatan kita.

Asap rokok tidak hanya buruk bagi si perokok, tapi juga orang-orang di sekita perokok yang ikut menghirup asap yang dikeluarkan oleh si perokok.

Salah satu penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan dari asap rokok adalah penyakit jantung. Serangan jantung secara tiba-tiba bisa saja terjadi bila Anda tidak berhenti merokok mulai dari sekarang.

Selain buruk bagi kesehatan jantung, rokok juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru.

Jadi, mari kita mulai bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Apakah rokok itu termasuk kebutuhan, atau hanya keinginan sesaat semata.

Apalagi bila keinginan untuk merokok itu ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Berhenti merokok adalah pilihan bijak demi kesehatan Anda dan keluarga.

Memang, untuk bisa berhenti merokok secara total bukanlah hal yang mudah bagi perokok. Namun, bisa Anda coba cara berhenti merokok yang banyak para mantan perokok mengakui keberhasilan cara tersebut, yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah pisang yang di dalamnya terkandung zat yang dapat mengurangi efek buruk dari zat nikotin dalam tubuh yang merupakan zat pemicu candu dalam merokok.

Banyak mengkonsumsi buah-buahan juga sangat baik untuk mengurangi dampak buruk kesehatan bagi perokok.

Sebab, dalam buah-buahan terkandung berbagai zat antioksidan yang akan melawan zat-zat berbahaya untuk masuk ke dalam tubuh.


6. Hindari Stres

Pada umumnya, stres diakibatkan oleh terlalu banyaknya masalah yang kita hadapi sehari-hari. Stres yang datang menghantui diri kita akan memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan. Salah satunya adalah meningkatknya risiko Anda terkena penyakit jantung.


7. Jangan Pelit Untuk Tersenyum

Tahukah Anda bahwa tersenyum dan tertawa merupakan hal sepele yang ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Dengan sering tersenyum, maka Anda akan lebih terhindar dari stres, dan juga pembuluh darah dalam tubuh akan cenderung melebar sehingga peredaran darah dalam tubuh akan lebih lancar dan membantu kerja jantung agar lebih berfungsi sebagaimana mestinya.


Demikianlah posting kami tentang 7 cara terbaik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Pola hidup sehat dengan menjaga pola makan yang seimbang gizinya, serta rajin berolahraga merupakan cara terbaik untuk kita terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Sumber:
http://gimana.net/cara-mencegah-penyakit-jantung/

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "7 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung"