==IKLAN RESPONSIF==

7 Bahan Pangan yang Baik Untuk Kecerdasan Anak


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
7 Bahan Pangan yang Baik Untuk Kecerdasan Anak
Walaupun ada pengaruh faktor internal seperti genetika dalam hal tingkat kecerdasan anak, namun ada pula beberapa faktor eksternal yang juga mempengaruhinya seperti asupan nutrisi, aktivitas fisik, stimulasi, dan daya tahan tubuh juga memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kecerdasan anak.

Peran orangtua dalam membantu anak agar mendapatkan asupan nutrisi terbaik tentunya sangat penting bagi perkembangan kecerdasan otaknya.

Berikut ini kami sajikan informasi mengenai 9 bahan pangan yang baik dikonsumsi untuk menunjang kecerdasan anak.

Baca juga: Penanganan dan Pemberian Vitamin Bagi Anak Penderita Autis


1. Susu dan Yogurt

Kandungan protein yang tinggi dan vitamin B banyak terdapat pada bahan pangan yang berasal dari produk susu.

Kandungan protein dan vitamin B ini adalah nutrisi yang sangat penting kaitannya dengan pertumbuhan jaringan otak dan produksi enzim.

Mengkonsumsi susu, produk susu maupun yogurt adalah bahan pangan yang sangat baik untuk diberikan kepada anak agar kecerdasannya lebih optimal.

Selain itu, minum susu atau makan produk olahan susu juga dapat memberi rasa kenyang lebih lama, karena terdapat kandungan protein dan karbohidrat yang seimbang di dalamnya.

Dalam susu juga terdapat vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dan remaja untuk pembentukan jaringan otot dan saraf sistem siklus hidup secara keseluruhan pada sel-sel manusia.


2. Telur

Telur adalah bahan pangan dengan protein tinggi yang mudah didapat dan harganya relatif terjangkau.

Pada kuning telur juga mengandung zat kolin yang mampu membantu perkembangan memori pada otak anak Anda. Agar anak lebih berselera, Anda bisa mencoba berbagai variasi olahan telur yang lezat.


3. Berbagai Jenis Buah-buahan

Buah-buahan yang memiliki warna kuat dan mencolok seperti cherry, blackberry, strawberry, dan blueberry merupakan jenis buah dengan kandungan gizi yang bagus untuk kecerdasan anak.

Kadar antioksidan yang tinggi banyak terdapat pada kelompok buah Berries. Ditambah lagi vitamin C dalam buah-buah ini merupakan penangkal radikal bebas yang dapat mencegah kanker.

Ditunjukkan oleh beberapa penelitian, kandungan dari ekstrak blueberry dan strawberry dapat membantu peningkatan fungsi daya ingat.

Di samping itu, asam lemak omega-3 juga diketahui banyak terdapat pada biji buah-buah berry, zat ini sangat diperlukan untuk peningkatan kecerdasan dan menjaga kesehatan anak.


4. Sayur-sayuran Berwarna

Kelompok sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang penting dalam pertumbuhan sel-sel otak banyak terdapat pada tomat, wortel, bayam, ubi jalar merah, dan labu.

Namun, sebagian besar anak memang kurang menyukai konsumsi variasi sayuran yang sebenarnya sangat penting untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, kebiasaan makan sayuran memang perlu ditanamkan pada anak-anak sejak dini, atau bisa juga orangtua mensiasatinya dengan membuat beberapa variasi olahan camilan berbahan dasar sayuran yang lezat.


5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan mempunyai kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Kandungan serat, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalamnya juga sangat baik untuk perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kacang merah memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Gandum adalah jenis biji-bijian yang bagus untuk suplai glukosa kontan yang dibutuhkan oleh otak. Selain itu, kandungan serat dari jenis biji-bijian lain juga akan membantu dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh.

Kelompok makanan dari biji-bijian juga kaya akan kandungan vitamin B yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf anak Anda.


6. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, EPA dan DHA yang sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan fungsi otak anak.

Ditunjukkan pada berbagai penelitian, anak yang memperoleh asupan asam lemak omega-3 lebih banyak memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik.

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon bahkan lebih banyak dibandingkan dengan ikan tuna.


7. Oatmeal

Oat adalah salah satu sereal yang cukup populer bagi anak-anak, makanan ini juga kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan otak.

Kandungan serat di dalam oat maupun oatmeal dapat meningkatkan kecerdasan anak dan menjaganya agar tetap sehat.

Di dalamnya juga terdapat sumber vitamin E, vitamin B, seng dan kalium yang mampu mengoptimalkan fungsi tubuh dan otak anak Anda.


Demikian ulasan kami tentang daftar bahan pangan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak Anda.

Mari kita bentuk generasi-generasi masa depan yang cerdas dan sehat demi peradaban yang lebih baik.

Sumber:
http://bidanku.com/9-makanan-untuk-kecerdasan-anak

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "7 Bahan Pangan yang Baik Untuk Kecerdasan Anak"