==IKLAN RESPONSIF==

Penyebab Kanker Payudara Dan Upaya Pencegahannya


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Penyebab Kanker Payudara Dan Upaya Pencegahannya
Menurut wikipedia, Kanker payudara merupakan kanker yang menyerang jaringan payudara.

Jenis kanker ini memang lebih sering menyerang para wanita, namun pria juga tidak menutup kemungkinan bisa terserang oleh kanker payudara walaupun kemungkinannya satu berbanding seribu.

Perlu Anda ketahui, bahwa kanker payudara termasuk dalam salah satu dari lima jenis kanker paling berbahaya.

Baca juga: Lawan Kanker Payudara Dengan Dua Obat Ampuh Berikut Ini!

Hanya dengan cara pembedahanlah pengobatan yang paling lazim dilakukan pada penderita kanker payudara, dan biasanya akan dilanjutkan pula dengan kemoterapi apabila diperlukan.


Penyebab Kanker Payudara Belum Dapat Diketahui Secara Pasti

Hampir semua jenis penyakit kanker bisa dibilang mempunyai sebab khusus dan berbeda-beda. Contohnya kanker paru-paru yang sering disebabkan oleh asap rokok, dan kanker kulit yang sering disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Akan tetapi, untuk kanker payudara sendiri hingga saat ini belum dapat ditentukan dengan pasti penyebab pokoknya. Namun, ada berbagai faktor yang dapat memicu risiko terjadinya kanker payudara, antara lain:

1. Faktor Genetis atau Keturunan

Bila ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker payudara, misalnya ibu atau nenek, maka semakin besar risiko penyakit kanker payudara ini bisa menyerang Anda.

2. Faktor Usia

Semakin bertambah usia wanita, maka semakin rentan pula ia terhadap penyakit kanker payudara. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar wanita yang menderita kanker payudara berusia di atas 50 tahun.

3. Akibat Perluasan Kanker

Kanker payudara juga dapat terjadi akibat perluasan kanker yang melebar atau menyerang bagian tubuh lain, terutama area payudara.

4. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi pemicu risiko Anda terserang kanker payudara. Gaya hidup tidak sehat ini contohnya kebiasaan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia, atau sering meminum minuman beralkohol, dan lain-lain.


Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Dalam upaya mendeteksi gejala kanker payudara sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Hal yang paling mudah dan banyak dilakukan adalah dengan meraba area di sekitar payudara apakah terdapat benjolan atau tidak.

Akan tetapi, tidak semua benjolan pada payudara merupakan gejala kanker. Oleh sebab itu, ketika telah diketahui adanya benjolan pada area sekitar payudara Anda maka segera periksakan ke dokter untuk melakukan diagnosa lebih lanjut.

Indikasi lain yang bisa menjadi gejala kanker payudara adalah payudara terasa nyeri, terdapat benjolan di sekitar ketiak, perubahan tekstur dan warna pada payudara, puting terlalu mencuat, dan terjadinya perubahan warna yang tidak seperti biasanya pada aerola (daerah sekitar puting).

Pada beberapa kasus, munculnya cairan dari puting yang berwarna kekuningan, kehijauan, atau bernanah juga merupakan indikasi dari gejala kanker payudara ini.

Deteksi dini terhadap gejala kanker payudara merupakan kunci dari penanganan terhadap kanker ganas ini.

Kurangnya kesadaran akan gejala awal atau deteksi dini pada penyakit kanker payudara menyebabkan sebagian besar kasus penderita berujung pada kematian.

Umumnya, kasus yang terjadi adalah penderita baru berkonsultasi dengan dokter ahli setelah kanker telah berada pada stadium tingkat lanjut.

Dengan begitu, proses penyembuhan pun menjadi kian sulit apabila kanker payudara yang dialami telah berada pada stadium akhir.

Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat melakukan pendeteksian secara teratur dan mandiri. Untuk pemeriksaan memang sebaiknya dilakukan dengan rutin setiap bulan, terutama 4 sampai 7 hari setelah menstruasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama, berdiri dengan bahu tegak di depan cermin, lalu letakkan tangan Anda dipinggul. Perhatikan bagian payudara apakah ada perubahan warna, ukuran, atau bentuk.

Langkah kedua, angkat tangan Anda ke atas dan lihat kembali adakah perubahan fisik yang tampak pada bagian payudara Anda.

Langkah ketiga, tekan puting dan apakah mengeluarkan cairan atau tidak.

Langkah keempat, coba berbaring dan raba payudara sebelah kiri dengan tangan kanan, kemudian lakukan sebaliknya dengan payudara yang sebelah kanan.

Lakukan dengan gerakan memutar lalu coba rasakan apakah terdapat benjolan atau tidak pada bagian tersebut.

Langkah terakhir, bisa dilakukan sambil berdiri atau duduk, pijat bagian payudara, apakah Anda merasakan adanya benjolan atau tidak, lakukan hal yang sama pada sebelah kiri dan kanan payudara Anda, dari ketiak hingga bagian perut.


Upaya Pencegahan Kanker Payudara

Agar risiko kanker payudara dapat ditekan seminimal mungkin, maka penting sekali untuk kita melakukan upaya-upaya pencegahan dalam memerangi penyakit kanker payudara ini.

Menerapkan diet dan gaya hidup sehat adalah cara paling sederhana yang bisa kita lakukan. Pola makan yang tidak sehat diperkirakan menjadi penyebab satu dari 3 kasus kanker yang terjadi.

Untuk membantu dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, diet yang baik dan sehat memang perlu dilakukan.

Banyak mengasup makanan-makanan kaya serat, selain sangat baik dalam proses menurunkan berat badan juga dapat membantu mengurangi estrogen dan prolaktin, dua hormon yang terbukti cukup berperan dalam membentuk sel-sel kanker (karsinogenesis).

Mengurangi asupan makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi juga akan membantu dalam menurunkan risiko terserang penyakit kanker payudara.

Bahkan, makanan yang mungkin kita anggap sepele, seperti kedelai ternyata mampu untuk menekan pertumbuhan tumor.

Begitu juga dengan sayuran yang kita ketahui banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh darinya.

Sayuran dengan vitamin A yang kaya, seperti ubi jalar, labu, wortel, dan juga sayuran-sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam, kale, sawi hijau, dapat pula membantu untuk menekan risiko munculnya penyakit ini.

Vitamin A, selain baik untuk kesehatan mata juga ternyata dapat mencegah terjadinya pembentukan dari mutasi sel penyebab kanker.

Di samping itu, Anda juga harus mencoba buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C, kandungan antioksidannya juga sangat baik dalam menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara.


Pentingnya Dukungan Keluarga Pada Pasien Kanker Payudara

Ketika seseorang didiagnosa positif menderita kanker payudara, kebanyakan dari mereka akan mengalami tekanan emosional yang dalam. Seringkali pasien menganggap bahwa hal ini layaknya vonis mati bagi mereka.

Namun, sebenarnya proses penyembuhan masih dapat diupayakan, terutama bagi penderita yang masih pada stadium awal kanker.

Dukungan anggota keluarga, teman dan lingkungan sangatlah mereka butuhkan agar depresi yang dialami tidak berakibat fatal nantinya.

Solusi lainnya untuk menghadapi tekanan karena penyakit kanker adalah dengan bergabung dalam berbagai kelompok penderita kanker.

Di samping keluarga memberi dukungan moril, pasien juga akan memperoleh informasi yang tepat mengenai kanker, dan jangan sampai pasien nantinya malah terjebak dengan informasi yang salah, menyudutkan, dan malah akan memperparah kondisi emosionalnya.

Adanya semangat dan harapan untuk kesembuhan, merupakan bagian penting dalam upaya penyembuhan berbagai macam penyakit.

Sumber:
http://www.kolomsehat.com/kanker-payudara-penyebab-pencegahan-deteksi-dini/

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "Penyebab Kanker Payudara Dan Upaya Pencegahannya"