==IKLAN RESPONSIF==

Inilah Penyebab Umum Kondisi Bayi Berat Lahir Rendah


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Inilah Penyebab Umum Kondisi Bayi Berat Lahir Rendah
Bayi dengan Berat Lahir Rendah (BLR) bukan berarti bayi prematur. Sebab, bisa saja ketika lahir bayi dengan berat lahir rendah sedah cukup bulan, cuma berat badannya saja yang di bawah berat lahir normal, yaitu di bawah 2,5 kg.

Sedangkan menurut dr. Pulung Silalahi Sp.A dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Budhi Jaya, bayi prematur beratnya bisa saja telah mencapai 3 kg, namun umur kandungannya yang belum cukup atau belum 9 bulan.

Sebenarnya, sejak masih dalam kandungan bayi dengan berat lahir rendah telah dapat diprediksi.

Ketika ibu memeriksakan kandungannya, berat janin akan dipantau oleh dokter obgin lewat USG. Misalnya saja janin berusia sekian minggu, bobotnya harus sekian gram dan deteksi tersebut bisa dilakukan oleh dokter obgin. Ketika janin terlalu kecil, maka bisa dicari apa sebabnya.

Baca juga: Efektivitas Pemberian Vitamin Otak untuk Kecerdasan Anak


Kurangnya Gizi Yang Diasup Oleh Ibu

Penyebab bayi dengan berat lahir rendah dapat dikarenakan faktor dari si ibu maupun dari si bayi itu sendiri.

Faktor dari Ibu contohnya ketika mengandung, ibu kurang mengasup gizi penting yang diperlukan oleh ibu dan bayi, atau si ibu menderita penyakit berat seperti Hipertensi, TBC, gangguan jantung, dan lain-lain.

Kondisi ibu hamil yang sedang sakit juga dapat mempengaruhi proses transfer nutrisi kepada bayi dalam kandungan sehingga bayi mengalami pertumbuhan yang kurang optimal.

Sementara, faktor pada bayi bisa terjadi karena ia mempunyai kelamin tertentu yang perlu diobservasi lebih lanjut.

Kondisi psikis ibu saat mengandung juga dapat memengaruhi bayi dengan berat lahir rendah. Sebab, faktor psikis dapat memengaruhi hormon dan adrenalin sehingga membuat aliran darah berjalan kurang baik.

Ibu yang tengah sters, tekanan aliran darahnya akan meningkat, sehingga nutrisi, oksigen, dan darah yang masuk ke dalam tubuh bayi terganggu kelancarannya.

Biasanya kondisi stres saat hamil banyak dialami oleh ibu dengan golongan ekonomi cukup berada yang kemudian melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.

Kendati demikian, kita tidak perlu panik bila bayi lahir dengan berat lahir rendah, apapun penyebabnya.

Ibu jangan merasa bersalah, merasa cemas apalagi menyalahkan orang lain. Akan lebih baik bila ibu terima kondisi bayi dengan baik serta penuh rasa syukur karena Ibu dan bayi telah lahir dengan selamat.

Selanjutnya, dengan penuh ketenangan Anda bisa merawat bayi dengan lebih baik. Walaupun dengan berat lahir rendah, tapi ia masih punya banyak peluang untuk dapat tumbuh berkembang dengan baik dan cerdas karena diasuh dan dirawat dengan baik.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/08/05/131500823/Apa.Penyebab.Berat.Lahir.Bayi.Rendah.

--Iklan Bawah Post--



0 Response to "Inilah Penyebab Umum Kondisi Bayi Berat Lahir Rendah"