==IKLAN RESPONSIF==

Ketahui Program Diet apa yang Paling Efektif untuk Tubuh Anda


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Metode diet yang bisa kita ikuti sebenarnya ada banyak sekali, bisa dengan mengikuti testimoni teman yang telah berhasil, mengikuti cara diet ala selebriti, atau memilih program diet yang efektif dan telah terbukti secara ilmiah.

Johns Hopkins University baru-baru ini sebuah penelitian dan menunjukkan hasil bahwa hanya ada dua program diet komersil yang terbukti efektif, yaitu Jenny Craig dan Weight Watchers. Data substansial-lah yang mendasari kedua metode tersebut memang lebih efektif.

Saat ini di banyak negara, berat badan berlebih memang menjadi masalah. Bukan hanya di negara maju, namun juga menjadi masalah di negara-negara berkembang.

Baca juga: 7 Cara Melangsingkan Tubuh yang Mematikan

Untuk melawan epidemi kegemukan, keinginan dalam mencari metode diet yang paling efektif pun terus dilakukan.

Setidaknya sudah 4.200 program diet komersial yang telah diuji oleh para peneliti untuk mencari bukti kuat terkait efektivitas dua program di atas.

Maksud dari program diet komersil itu adalah kita mendaftar pada satu program, biasanya melalui klinik pelangsingan atau ke dokter ahli gizi.

Kita akan diberikan sesi konsultasi lewat program tersebut, seperti petunjuk pola makan, dan pemantauan program yang tengah dijalankan.

Para peneliti hanya menemukan beberapa program yang memenuhi ‘standar emas’ ilmiah di akhir tahun 2014 melalui uji coba atau percobaan klinis secara acak.

Sebelumnya, bukti yang ditemukan hanya sedikit menunjukkan program penurunan berat badan mana yang efektif dalam menjaga berat badan.

Hal itu ditunjukkan setelah satu tahun dilakukannya program diet komersil dan dibandingkan apabila seseorang mencoba menurunkan berat badannya sendiri atau di luar sesi diet komersil.

Para peneliti dalam sebuah penelitian mampu menguji hasil dari 39 percobaan yang meliputi 11 sistem diet berbeda, seperti NutriSystem, Medifast, Atkins, SlimFast, eDiets, Lose It!, Weight Watchers, OPTIFAST, HMR, dan Biggest Loser Club.

Sementara beberapa program seperti NutriSystem, Medifast, dan lainnya tidak ada data tindaklanjut yang memunculkan hasil menjanjikan kaitannya dengan potensi mempertahankan berat badan ideal.

Hanya ada dua program yang memenuhi dukungan ‘standar emas’ yaitu Weight Watchers, dan Jenny Craig.

Seperti diungkapkan oleh Kimberly Gudzune yang merupakan spesialis penurunan berat badan dari Johns Hopkins University School of Medicine, rata-rata berat yang diturunkan setelah 12 bulan dengan Weight Watchers yaitu sekitar 3,6 kilogram, sedangkan untuk Jenny Craig sekitar 8,6 kilogram.

Sementara banyak orang mungkin menganggap bahwa jumlah itu terlalu sedikit, namun sebenarnya tujuan dari penurunan berat badan sudah bisa terpenuhi, yakni sebesar tiga hingga lima persen dari berat awal anda yang tentunya ini direkomendasikan oleh pedoman diet sehat baru-baru ini.

Kedua program diet tersebut dianggap lebih berimbang dan mempunyai intensitas tinggi. Setara dengan NutriSystem, Jenny Craig dan Weights Watchers dinilai hampir sama, baik dalam penetapan informasi nutrisi, tujuan diet, kontrol diri, dan konseling.

Harapan Gudzune, penelitian ini mampu memicu lebih banyak penelitian terhadap sistem penurunan berat badan komersil yang dapat membantu ahli gizi dan para dokter untuk memberi saran yang lebih efektif dalam menghindari obesitas.

Ia juga menambahkan, efektivitas penurunan berat badan memerlukan saran ahli untuk mengetahui bagaimana strategi terbaik disesuaikan dengan kondisi tubuh, dan kebutuhan masing-masing individu.

Sumber:
http://health.kompas.com

--Iklan Bawah Post--