==IKLAN RESPONSIF==

Makanan-Minuman yang Baik Dikonsumsi Ketika Stres Melanda


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Makanan-Minuman yang Baik Dikonsumsi Ketika Stres Melanda
www.diradio.net
Ada banyak banget situasi yang dapat bikin kamu stres. Deadline pekerjaan yang menumpuk, belum selesainya tugas kuliah, belum lagi jika pacar sedang ngambek.

Tentunya kamu akan berusaha mencari pelampiasan rasa stres tersebut dan berharap agar pekerjaanmu bisa tuntas dengan maksimal dan mood-mu bisa kembali normal.

Tak jarang, rasa stres yang dialami kamu lampiaskan dengan makanan.

Ketika penat melanda, biasanya gorengan, keripik, dan berbagai junk food lainnya menjadi pilihan untuk dimakan.

Simak juga: Manfaat Air Alkali yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat Indonesia

Tapi, tampaknya kamu enggak tahu ya kalau makanan-makanan seperti itu malah berpotensi membuat tubuhmu makin tidak sehat dan pikiranmu pun juga jadi makin kabur.

Untuk itulah, makanan sehat sebaiknya kamu pilih untuk dikonsumsi saat stres sedang melanda. Bila kamu mengkonsumsi makanan sehat, maka kadar gula darah dapat tetap terjaga dan emosi kamu dapat menghilang perlahan.


1. Aneka Sayuran Hijau

Daripada gorengan yang berminyak dan berkolesterol tinggi, bukankah lebih sehat bila kamu makan sayur-sayuran?

Pikiranmu pun juga akan jadi lebih tenang dengan memakan sayuran. Bayam, kangkung, brokoli, dan tanaman hijau lainnya mampi memproduksi dopamine yang akan membantu dirimu jadi lebih tenang.


2. Susu Segar

Dalam susu terdapat vitamin D yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kadar bahagia saat stres melanda.

Susu segar merupakan sumber vitamin D yang berasal dari makanan yang berfungsi untuk menurunkan kadar stres dalam diri seseorang.

Di samping itu, di dalam susu juga terdapat kandungan kalsium dan protein yang baik untuk nutrisi tubuh kamu.


3. Oatmeal

Saat stres melanda, efek yang biasanya paling terlihat secara fisik adalah kondisi yang membikin kamu mudah lapar.

Rasa lapar yang melanda ketika stres ini jangan pernah diremehkan, sebab rasa lapar menunjukkan bahwa energi dalam tubuh seseorang mulai berkurang.

Untuk itu kamu membutuhkan pemulihan energi yang bisa didapat dari zat karbohidrat. Karbohidrat yang baik contohnya adalah oatmeal.

Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang menjaga kadar gula dalam darah anda akan tetap stabil kondisinya.

Oatmeal juga dapat membuatmu lebih terhindar dari depresi atau stres berkepanjangan karena makanan ini dapat memicu produksi serotonin, yang merupakan zat dengan fungsi sebagai antidepresan.


4. Cokelat

Kebanyakan orang pasti suka cokelat. Asalkan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, cokelat efektif untuk dapat menurunkan kadar stres.

Makanan ini memang terkenal dapat meningkatkan kadar bahagia dalam diri seseorang. Banyak penelitian yang telah membuktikan efektivitas cokelat dalam mereduksi hormon stres dan juga kortisol dalam tubuh.

Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga mampu membuat aliran di dalam tubuhmu menjadi lebih rileks dan lancar.

Jika dikonsumsi secara tepat, cokelat juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah lho... Tapi juga harus diingat untuk makan secukupnya saja, karena bila terlalu berlebih maka dapat membahayakan kesehatan kita.


5. Jus Apokat

Terkadang, rasa laparmu bisa menggila ketika stres melanda. Kamu bisa mengenyangkan perutmu dengan buah apokat.

Konsumsilah apokat ketika stres meningkatkan rasa laparmu. Buah ini cocok untukmu yang ingin makan kenyang tanpa harus makan berat. Rasa stres dalam dirimu akan direduksi bila merasakan kenyang.


6. Buah Blueberry

Kombinasi rasa kecut dan manis dari buah blueberry ternyata bermanfaat dalam tubuhmu untuk memerangi hormon stres yang meningkat. Bagi yang sulit mendapatkannya, stroberi bisa menjadi alternatif pengganti makanan satu ini.


7. Ikan

Omega 3 dalam ikan bisa membuat otak menjadi tenang. Di samping itu,  Ikan adalah makanan yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak manusia.

8. Teh Hijau

Kehangatan dan aroma pada teh hijau dapat merilekskan dirimu. Teh hijau memiliki kandungan asam amino thenine yang terbukti mampu menenangkan otak dan juga catechin yang dapat menjaga kesehatan mata serta mencegah radikal bebas.

Sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang bisa kamu dapatkan dari teh hijau ini. Agar aroma yang keluar mampu melahirkan perasaan yang rileks, sebaiknya sajikan dalam keadaan hangat.


Bila penat melanda, makan memang menjadi alternatif yang menyenangkan. Namun kita juga harus bijak dalam memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh, agar aktivitas makan bisa menjadi obat dari kegalauan yang sedang dialami.

Sumber:
http://www.hipwee.com/tips/8-makanan-yang-wajib-kamu-konsumsi-saat-sedang-stres-mengerjakan-tugas/

--Iklan Bawah Post--