==IKLAN RESPONSIF==

Cara Mudah Buat Anda Agar Menyukai Sayuran


--Iklan Atas Posting--

--Iklan Tengah Post--
Cara Mudah Buat Anda Agar Menyukai Sayuran
jerrirudianto.blogspot.com
Salah satu cara untuk mengurangi risiko dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, obesitas, dan kanker, adalah dengan banyak makan sayuran secara rutin.

Tidak semua dari kita sayangnya mampu untuk memenuhi anjuran untuk memakan sayuran sebanyak tiga sajian perhari.

Tetapi kamu tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang mudah untuk membantu kita agar lebih banyak makan sayur.

1. Mulailah Saat Sarapan

Mengawali sarapan dengan menyisipkan sayuran pada menu makanan dapat memudahkan kita agar porsi sayuran yang dianjurkan dapat tercukupi.

Baca juga: Batu Ginjal Juga Dapat Dipicu Karena Sayuran Hijau

Kamu bisa mencoba untuk memasukkan potongan bayam, paprika, bawang, dan jamur saat sarapan ke dalam omelet.

Jangan sertakan kuning telur ke dalam menu makanan apabila anda ingin mengurangi koleterol.

2. Membuat Jus Sayuran

Bila anda enggan memakannya, anda bisa coba untuk meminumnya. Cobalah untuk membuat minuman yang terbuat dari bahan sayuran, seperti smoothies atau jus sayur. Agar rasanya tidak terlalu pahit, anda bisa mencampurkannya dengan buah-buahan.

3. Mengganti Kebiasaan Camilan

Bila anda terbiasa mengemil biskuit atau keripik, cobalah untuk menggantinya dengan potongan sayuran seperti ketimun, stik wortel, atau seledri. Agar lebih enak, anda bisa mencampurkannya dengan yogurt rendah lemak atau perasan lemon.

4. Lipat Gandakan Jumlahnya

Anda bisa melipatgandakan jumlah setiap memasukkan sayuran ke dalam menu makanan. Mungkin bisa dilakukan secara bertahap, dari awalnya sedikit demi sedikit, hingga anda terbiasa dan tidak sadar kalau anda ternyata telah menjadi penikmat sayuran.

5. Kombinasi dengan Saus

Umumnya, saus dibuat untuk menambah kaya tekstur dan rasa pada daging. Nah, anda bisa mencobanya pada sayuran. Cobalah gunakan terong dan jamur untuk campuran saus pasta, dan rasakan nikmatnya.

6. Memesan Lebih Banyak Sayuran

Ketika makan di restoran, upayakan agar lebih banyak sayuran yang anda pesan dalam menu makanan.

Bahkan, kalau emang diperbolehkan anda bisa meminta mengganti beberapa bahan pada menu dengan sayuran.

7. Hari Khusus Sayuran

Walaupun anda tidak memilih menjadi seorang vegetarian, tapi untuk memperbanyak konsumsi sayuran anda bisa mengupayakan satu hari tanpa daging.

Satu hari dimana anda mengganti semua makanan berbahan daging dengan sayuran-sayuran seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sayuran lainnya.


Nah, itulah beberapa tips untuk anda yang mungkin kurang suka makan sayuran. Atau mungkin selama ini konsumsi sayuran anda sangat kurang. Semoga dengan lebih banyak makan sayuran, bisa lebih meningkatkan kualitas kesehatan anda.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2013/05/27/1508001/7.Cara.Menyisipkan.Sayuran.pada.Menu.Makan

--Iklan Bawah Post--